PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALKOHOL ONE MED DI KOTA SEMARANG

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Setiap perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dengan demikian lingkungan yang dihadapi suatu perusahaan juga akan menjadi semakin kompleks. Secara nasional walaupun ekspor merupakan salah satu jenis usaha yang dapat memberikan tambahan/ pemasukan devisa negara, namun kompleksitas persaingan yang dihadapi perusahaan tersebut akan memaksa setiap perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen.

Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Demikian halnya dengan produk alkohol ­One med di CV. Global Surya Medika Semarang, harus berusaha keras untuk memenangkan persaingan agar bisa selalu dihati konsumen.

Pada CV. Global Surya Medica yang mengelola pemasaran produk alat kesehatan dari PT. Intisumber Hasil Sempurna yang memproduksi alat kesehatan One med yang termasuk didalamnya adalah alkohol telah menawarkan produknya dengan harga yang cukup bersaing dibandingkan dengan perusahaan distributor yang lain. Namun, dikarenakan kurang tepatnya strategi promosi yang diterapkan oleh CV. Global Surya Medika, karena stragegi promosi yang digunakan tidak menggunakan konsep promotional mix melainkan hanya menggunakan sales door to door sehingga penjualan produk alkohol One med selalu berfluktuasi bahkan cenderung mengalami penurunan.

Data Penjualan Produk One Med

File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program