Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Perpustakaan MM UGM Yogyakarta

BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak yang sangat luas bagi dunia perpustakaan. Kehadiran sarana dan prasarana pengolah informasi berupa perangkat keras dan lunak menuntut perpustakaan untuk merombak sistem kerjanya baik yang sifatnya internal maupun eksternal dalam upaya memberikan layanan kepada pengguna.
Perpustakaan sebagai pusat informasi bagi seluruh pengguna pada abad teknologi informasi ini. Perpustakaan berperan sebagai pusat ilmu pengetahuan dalam institusi baik bisnis, kerja, akademik maupun pemerintahan. Untuk itu perpustakaan dituntut untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan.
Untuk mempermudah pelayanan informasi tidak hanya terbatas pada perpustakaan itu sendiri, akan tetapi juga dapat di akses dari luar perpustakaan, informasi tidak hanya dikemas dalam bentuk buku tetapi juga bentuk lain yang lebih informatif. Dengan bantuan teknologi informasi pelayanan informasi perpustakaan dapat dilakukan dengan mudah menuju sasaran informasi yang diperlukan. Ketersediaan informasi yang lengkap sangatlah penting di lingkungan perguruan tinggi untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Perkembangan teknologi informasi ditinjau dari berbagai media baik cetak ataupun elektronik berkembang pesat sehingga dapat terwujud perpustakaan elektronik, internet dokumen elektronik dan web site. Dengan media yang seperti itu informasi dapat lebih cepat terserap dan sampai pada pengguna di belahan dunia.
Perpustakaan berkembang dari waktu ke waktu dan dari zaman ke zaman. Media baru berupa digitalisasi sumber informasi perpustakaan adalah wujud dan upaya dalam rangka memberikan pelayanan bagi para pengguna perpustakaan untuk menyenangi dan memanfaatkan keberadaan perpustakaan sesuai dengan kondisi zaman yang berkembang pesat saat ini dalam bidang teknologi informasi.
Koleksi perpustakaan yang sudah lama akan mudah lapuk dan rusak. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maka perpustakaan berubah menjadi bentuk digital, maka akan tetap banyak orang yang tertarik dengan koleksi yang sebenarnya sudah tidak layak lagi. Tentu saja koleksi buku baru dan informasi baru yang disimpan dalam bentuk media elektronik untuk memudahkan dalam akses informasi, transfer informasi dan tukar menukar informasi dari berbagai lokasi dan waktu yang berbeda.
Penerapan TI di perpustakaan memang selayaknya dicermati secara khusus (Hindar Purnomo: 2002). Hal ini bukan saja dikarenakan memerlukan dan yang besar, tetapi juga menyangkut aspek SDM dan lingkungan.
Perpustakaan MM UGM untuk lebih memaksimalkan pelayanan bagi para penggunanya telah membentuk digitalisasi perpustakaan dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah penelusuran oleh penggunanya.
A. LATAR BELAKANG
Dalam penyusunan laporan ini penulis mengambil tema Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan MM UGM dengan pertimbangan bahwa:

1. Perpustakaan MM UGM belum memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarkan informasi kepada pengguna yang ingin menelusur dari tempat yang jauh
Menurut pengamatan penulis, perpustakaan digital MM UGM mampu membangun sistem informasi jarak jauh. Hal ini didukung dengan adanya sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi dan biaya operasional yang memadai.
2. Tuntutan pemakai untuk dapat menelusur informasi yang ada di perpustakaan MM UGM dari jarak yang jauh
3. Pada masa yang akan datang UGM akan menerapkan sistem jaringan antar perpustakaan dan UPT perpustakaan UGM sebagai pusatnya. Untuk itu, semua perpustakaan di lingkungan UGM harus menggunakan sistem informasi terhubung
4. Perpustakaan virtual dengan koleksi elektronik yang beragam dan proses yang cepat menuntut perpustakaan untuk dapat mengelola dengan baik perpustakaan elektronik
B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang yang telah penulis uraikan diatas, maka rumusan masalah yang dapat penulis rumuskan antara lain:
1. Sejauh mana pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan MM UGM ?
2. Apa saja teknologi informasi yang dimanfaatkan di perpustakaan MM UGM?
C. TUJUAN
Tujuan penulis melakukan PKL di perpustakaan MM UGM adalah :
1. Untuk membandingkan teori yang diperoleh selama kuliah dengan yang kenyataan yang ada di lapangan
2. Untuk melihat secara langsung kegiatan yang terjadi di perpustakaan MM UGM
3. Untuk mengetahui dunia kerja secara langsung
Sedangkan tujuan penulis mengambil tema pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan elektronik adalah:
1. Untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan MM UGM
2. Untuk menambah wawasan serta pengetahuan penulis tentang teknologi informasi
3. Untuk membandingkan teori teknologi informasi dengan penerapannya di perpustakaan MM UGM
D. MANFAAT
Penulis berharap tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi:

File Selengkapnya....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program