Pengaruh Modifikasi Net yang Direndahkan terhadap Keterampilan Smash dalam Permainan Bulutangkis

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh modifikasi net yang direndahkan terhadap keterampilan smash dalam permainan bulutangkis siswa sekolah dasar

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dilakukan selama 16 kali latihan ditambah satu kali tes awal dan satu kali tes akhir. Populasi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V dan VI SDN Kedungwuluh Padaherang Ciamis sebanyak 30 orang (total sampel). Instrumen yang digunakan adalah tes smash.

Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan rumus-rumus statistika, diperoleh hasil bahwa hipotesis yang diajukan hasilnya diterima atau terbukti. Artinya, latihan smash dengan modifikasi net yang direndahkan berpengaruh secara berarti terhadap penguasaan keterampilan smash dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas V dan VI SD Negeri Kedungwuluh Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis. Hal ini didukung pula dengan data hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t' yang menunjukkan nilai t'hitung sebesar 4,10 yang berada di luar daerah penerimaan hipotesis (t'¬¬tabel sebesar 1,70).

Berdasarkan hasil tersebut, maka penulis menyarankan bahwa untuk meningkatan penguasaan teknik dasar bulutangkis, penulis menyarankan kepada para guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, pembina olahraga maupun pelatih bulutangkis agar hasil penelitian ini dapat dijadikan tolok ukur dan dapat digunakan sebagai alternatif bentuk latihan atau pembelajaran.

File Selengkapnya....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program