Sistem Klasifikasi Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Teknologi Yogyakarta

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perpustakaan adalah sarana penunjang proses kegiatan belajar mengajar atau perkuliahan, tempat para mahasiswa atau pengguna mencari informasi, semakin banyak pengguna yang memanfaatkan perpustakaan maka semakin banyak pula koleksi yang harus disediakan oleh perpustakaan yang bersangkutan. Hal tersebut bukanlah semata-mata demi kepuasaan pengguna, akan tetapi dilain pihak menunjukkan eksistensi perpustakaan dalam membantu proses studi terlihat nyata.
Banyaknya koleksi yang dimiliki perpustakaan akan sangat menyulitkan petugas maupun pengguna apabila tidak ditata sedemikian rupa dalam menyusun kembali koleksi yang dibutuhkan. Usaha untuk menggolongkan koleksi berdasarkan kelompok kelasnya disebut dengan klasifikasi. Klasifikasi juga dapat diartikan sebagai penyusunan sistematik terhadap buku / bahan pustaka lain atau katalog atau indek berdasarkan subyek dalam cara paling berguna bagi mereka yang membaca atau mencari informasi (Sulistyo-basuki 1993:395).
Sistem klasifikasi yang digunakan oleh perpustakaan dan lembaga informasi secara umum ada dua sistem klasifikasi yaitu: sistem klasifikasi persepuluhan dewey atau Decimal Dewey Classification (DDC) dan Universal Decimal Clasification (UDC). Diantara dua sistem tersebut yang banyak digunakan pada perpustakaan dan lembaga informasi adalah sistem klasifikasi persepuluhan dewey atau Decimal Dewey Classification (DDC).
Dalam proses pemberian nomor klasifikasi, sistem klasifikasi pada setiap perpustakaan dengan berdasarkan subyek yang ada pada judul bahan pustaka atau pada isi atau pembahasan yang ada. Pada perpustakaan FE-UTY sistem klasifikasi dan penyusunan bahan koleksi pada rak juga berdasarkan subyek, sistem klasifikasi perpustakaan FE-UTY hanya menggunakan 2 kelas yang ada di DDC yaitu kelas 330 untuk ekonomi dan 658 untuk manajemen.
Dalam Penerapan sistem klasifikasinya ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, selain itu di perpustakaan FE-UTY tidak ada kartu katalog yang dapat membantu pengguna dalam menelusur dan menemukan kembali informasi yang dibutuhkan. Hal itulah yang menyulitkan pengguna dalam mencari koleksi yang dibutuhkan hingga saat ini. (Berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara dengan Candra mira salah satu staff perpustakaan). Oleh karena itu penulis mengangkat tema sistem klasifikasi di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Teknologi Yogyakarta.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dibuat rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana sistem klasifikasi di perpustakaan FE-UTY ?
2. Bagaimana penentuan subyek suatu judul bahan pustaka di perpustakaan FE-UTY ?
3. Apakah masalah yang muncul dalam menentukkan sistem klasifikasi di perpustakaan FE-UTY ?

C. TUJUAN LAPORAN
1. Tujuan Praktek kerja lapangan adalah

File Selengkapnya....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program