Analisa Kinerja ( Performance ) Perbandingan Mesin Diesel Berbahan Bakar Hsd Dengan Biodiesel ( B20 )

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Kebutuhan manusia tidak pernah bisa lepas dari kebutuhan energi . Selama ini masyarakat Indonesia hanya menggantungkan kebutuhan energi BBM untuk pembangkit tenaga motor bakar pada sumber energi minyak yang terbuat dari fosil. Padahal, cadangan bahan pembuat minyak ini semakin menipis dan akan segera habis dalam beberapa tahun mendatang . Penurunan jumlah cadangan minyak disertai pula dengan penurunan produksi minyak mencapai 10% pertahun . Kondisi ini perlu penanganan yang serius ,mengingat kebutuhan bahan bakar akan terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun .

Peningkatan kebutuhan bahan bakar minyak merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari dan akan terus terjadi akibat semakin banyaknya populasi jumlah penduduk, munculnya industri – industri baru dan teknologi otomotif yang akan terus berkembang . Tabel 1 memberikan gambaran tentang kebutuhan dan produksi solar yang ada di negara kita.
Majunya penelitian dan penggunaan motor diesel pada industri tidak mungkin berhenti hanya karena menipisnya bahan bakar fosil. Pencarian bahan bakar alternatif pengganti solar terus dilakukan disamping untuk membantu menangani permasalahan krisis energi dan lingkungan global, juga bisa mempertahankan daya guna teknologi otomotif sebagai karya rekayasa manusia.
File Selengkapnya.....
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program