Analisa Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Pengurai Kalimat Berbasis Linguistic

ABSTRAK

Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisa struktur kalimat bahasa Indonesia dengan menggunakan pengurai kalimat berbasis linguistic string analysis. Struktur sintaks kalimat ini sangat diperlukan bagi pengembangan suatu sistem pemrosesan bahasa alami khususnya untuk pemrosesan bahasa Indonesia.
Struktur sintaks yang dibangun pada penelitian ini mengacu pada aturan-aturan sintaks yang terdapat di dalam tata bahasa baku bahasa Indonesia.Untuk menguji kebenaran aturan-aturan sintaks yang telah dibuat, dibuat juga pengurai sintaks yang memuat aturan-aturan sintaks tersebut. Pembuatan pengurai sintaks kalimat bahasa Indonesia ini menggunakan alat bantu Lex-Yacc.
Jenis-jenis kalimat masukan yang dapat diuraikan oleh pengurai adalah kalimat deklaratif berupa kalimat tunggal dan kalimat majemuk bertingkat. Kalimat–kalimat ini banyak digunakan pada makalah-makalah ilmiah dan juga dapat digunakan pada sistem interaktif yang memakai pemrosesan bahasa alami dalam proses kerjanya.
Hasil uji coba yang dilakukan terhadap kumpulan abstrak ilmiah bidang ilmu komputer cukup baik. Sebanyak 68,04% dari 194 kalimat input dapat diuraikan dengan benar oleh pengurai dan berhasil menolak 26,28% kalimat input yang salah; sedangkan 4,12% dari 194 kalimat masukan ini tidak berhasil diuraikan walaupun struktur kalimat masukan sesuai dengan tata bahasa baku dan juga terdapat sebanyak 1,55% kalimat masukan yang berhasil diuraikan struktur kalimat hasil penguraiannya salah.
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program