Laporan Kerja Praktek Perangkat Lunak Pengelolaan Data Counter Di V Comm Cell

BAB 1
PENDAHULUAN


Bab ini membahas tentang Tinjauan Umum, Identifikasi masalah dan Batasan Masalah, Tujuan kerja praktek, Metode penelitian dan Sistematika Pembahasan.

1.1 Tinjauan Umum
V-COMM Cellular merupakan perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi, khususnya di bidang alat komunikasi yaitu telepon genggam (handphone). Handphone yang disediakan oleh perusahaan di V-COMM Cellular menyediakan barang baru dan barang bekas. Dimana barang bekas tersebut masih layak untuk diperjual-belikan kepada konsumen, yaitu handphone berbagai merk seperti : Nokia, Samsung, Siemens, Sony Ericsson, dan lain-lain.
Penjualan handphone tersebut langsung dilakukan antarmuka, karena karyawan di toko ini selalu men-display barang-barang yang akan dijual sehingga konsumen dapat melihat secara langsung baik dari segi kualitas maupun harga barang yang akan dibeli.
Salah satu masalah yang ada di V- COMM Cellular adalah mengenai pengaturan data penjualan dan pembelian Handphone yang masih melakukan pembukuan secara manual dan itu sangat rumit untuk melakukan perhitungan rugi-laba.




1.2 Identifikasi Masalah
Dari sistem pengelolaan data pembelian dan penjualan Handphone di V- COMM Cellular, terdapat suatu permasalahan yang melingkupi proses jalannya mekanisme kegiatan sebagai berikut:

1. Tidak adanya prosedur yang teratur mengenai pengolahan data pembelian dan penjualan di V- COMM Cellular Data pembelian dan penjualan masih dihitung secara manual, sehingga masih terjadi kesalahan.

2. Kesulitan dalam pembuatan laporan, karena masih dikerjakan secara manual.

1.3 Batasan Masalah
Kerja praktek yang dilakukan hanya memfokuskan pada sistem pengelolaan data pembelian dan penjualan yang berjalan saat ini, yang nantinya akan dibuat sistem informasinya melalui perancangan yang berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada sistem tersebut.
Adapun batasan-batasan dari sistem tersebut adalah .
Pengelolaan Transaksi Penjualan Handphone
Pengelolaan Pembelian Handphone.
Laporan Penjualan
Laporan Barang.



1.4. Tujuan Dibangunnya Sistem.
Sistem yang akan dibangun merupakan pengelolaan basis data yang digunakan oleh sekertaris di V- COMM Cellular.
Adapun tujuan pengembangannya, yaitu:
1. Memperbaiki prosedur yang sudah ada, sehingga sistem yang dibangun akan lebih mudah dipahami dan berjalan dengan performansi yang lebih baik
2. Dengan pengolahan data secara teratur, diharapkan dapat melakukan pengecekan barang yang sudah terjual ataupun yang belum terjual bisa ter cek dengan baik, sehingga dapat lebih mudah dalam menangani perhitungan rugi-raba
3. Laporan-laporan dibuat secara komputerisasi sehingga dapat lebih memudahkan dalam pemasukan data dan perubahan data
4. Mengefisienkan waktu yang diperlukan untuk memperoleh informasi data pembelian dan penjualan.
Adapun penulis mengangkat judul yaitu :
“ PERANGKAT LUNAK PENGELOLAAN DATA INVENTORY COUNTER HP DI V-COMM CELLULAR SHOP “



1.5 Metode Penelitian
Metode penelitian yang penulis gunakan untuk pengolahan data yaitu menggunakan beberapa metode antara lain, yaitu :
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program