Pengaruh Struktur Pengendalian Intern Kas Terhdap Efektifitas Pengelolaan Kas Pada PT. INDOSPORTS JAYA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dengan berkembangnya teknologi disertai perkembangan dunia usaha dengan persaingan yang cukup ketat, banyak perusahaan yang berdiri dengan harapan mendapatkan keuntungan yang maksimal untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan tersebut kas yang mempunyai kedudukan utama dalam menjaga kelancaran operasi perusahaan serta mempunyai tingkat likuiditas paling tinggi serta merupakan faktor utama dalam memegang peranan penting bagi perusahaan terutama untuk membiayai operasi perusahaan. Kas juga berfungsi untuk pengadaan investasi baru baik dalam bentuk aktiva tetap maupun bagi keperluan pelaksanaan operasional perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, dalam perusahaan kas sering disebut sebagai “darahnya” perusahaan, di mana kas selalu berputar ke segenap bagian dalam tubuh perusahaan serta memberikan kekuatan pada fungsi-fungsi atau bagian-bagian dalam suatu organisasi perusahaan.
Tersedianya kas yang cukup sangat penting bagi perusahaan untuk terhindar dari krisis keuangan, sebaliknya adanya kas yang berlebihan akan menimbulkan dana yang menganggur dan tidak akan menghasilkan keuntungan. Adanya ketidakcukupan kas kerena kesalahan manajemen mengakibatkan perusahaan perlu melakukan suatu perencanaan, pengawasan dan pengendalian terhadap penerimaan dan pengeluaran kas. Tidak terlepas kemungkinan adanya kebocoran-kebocoran akibat penyalahgunaan uang kas yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, yang dapat merugikan perusahaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan pengendalian intern, yaitu suatu kebijakan dan prosedur yang berupa pengawasan dan pengendalian di mana semua bagian keuangan terpisah antara satu dengan lainnya.
Dengan demikian, struktur pengendalian intern sangat diperlukan untuk mengamankan aktiva perusahaan terutama kas, yang dilakukan untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan kas. Efektifitas pengelolaan kas dapat diukur dengan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran dan tujuan yang ditetapkan.
Menyadari begitu pentingnya struktur pengendalian intern atas penerimaan dan pengeluaran kas bagi perusahaan, maka penelitian ini diberi judul “PENGARUH STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN KAS TERHDAP EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KAS PADA PT. INDOSPORTS JAYA”



1.2. Perumusan Masalah
Dari uraian di atas dapat diketahui betapa pentingnya penerimaan dan pengeluaraan kas bagi kegiatan operasional perusahaan, oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian terhadap kas secara terus menerus.
Sesuai dengan latar belakang yang telah diuraikan, maka perumusan masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimana pengaruh struktur pengendalian intern kas terhadap efektifitas pengelolaan kas?”

1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab perumusan masalah di atas, yaitu: “Untuk mengetahui pengaruh struktur pengendalian intern kas terhadap efektifitas pengelolaan kas”.

1.4. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program