Penilaian Saham PT. PD (Persero) DI PT. XYZ Menggunakan Economic Profit Model

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Profil Singkat Perusahaan
1.1.1. Profil Singkat PT. Pindad (Persero)
a) Sejarah singkat PT. Pindad (Persero)
Riwayat perusahaan dimulai dengan didirikannya Artillerie Contructie Winkel (ACW) di Surabaya pada tahun 1908 dan pada tahun 1923 dipindahkan ke Bandung menjadi Artillerie Inrichtingen (AI). Pada tahun 1942, masa penjajahan Jepang, berganti nama menjadi Dai Ichi Kozo (DIK) dan pada tahun 1947 diganti namanya menjadi Leger Productie Bedrijven (LPB)
Setelah kemerdekaan yaitu pada tanggal 29 April 1950, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Pabrik Senjata dan Mesiu, yang selanjutnya diperingati sebagai hari jadi Perusahaan, dan Pada tahun 1962, berubah nama menjadi Perindustrian Angkatan Darat (Pindad).
Pada tahun 1983 Pindad berubah menjadi BUMN dengan nama PT Pindad (Persero), dan pada tahun 2002, PT. Pindad (Persero) dibawah pembinaan Kementerian BUMN.
b) Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT. Pindad (Persero)
1) Visi Perusahaan
Perusahaan sehat yang mempunyai inti usaha terpadu, beroperasi secara fleksibel serta mandiri secara finansial.
2) Misi Perusahaan
Melaksanakan kegiatan usaha dalam bidang alat dan peralatan untuk mendukung kemandirian pertahanan dan keamanan negara, dan alat dan peralatan industri, dengan mendapatkan laba untuk pertumbuhan perusahaan melalui keunggulan teknologi dan efisiensi.
2
3) Tujuan Perusahaan
Berdasarkan anggaran dasar perusahaan, tujuan pendirian Pindad adalah melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya dan khususnya dalam bidang industri alat/peralatan pertahanan dan keamanan, industri manufaktur, jasa dan perdagangan dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang berlaku bagi perseroan terbatas.
4) Sasaran Perusahaan
Meningkatkan potensi perusahaan untuk mendapatkan peluang usaha yang menjamin masa depan perusahaan melalui sinergi-internal.
c) Ruang Lingkup Usaha
PT. Pindad (Persero) adalah salah satu BUMN yang bergerak dalam industri manufaktur, yang memiliki 5 (lima) divisi dan 2 (dua) unit usaha, yang menghasilkan produk-produk sebagai berikut :
1) Divisi Senjata
Produk-produk yang dihasilkan meliputi segala jenis senjata dan kelengkapannya yaitu senjata ringan, senjata berat, senjata genggam dan Surface & Heat Treatment..
2) Divisi Munisi
Produk-produk yang dihasilkan meliputi segala jenis Munisi kaliber Kecil/Ringan dan munisi Berat serta khusus.
3) Divisi Tempa & Cor
Produk-produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut : Prasarana Kereta Api, Produk Tempa, Cor & Stamping.
3
4) Divisi Rekayasa Industri
Produk yang dihasilkan berupa : Engineering, Procurement and Contruction (EPC) untuk Pabrik Pengolah Kelapa Sawit (PPKS) dan Pabrik Biodiesel.
5) Divisi Mesin Industri dan Jasa
Produk-Produk yang dihasilkan meliputi : jasa permesinan, rem kereta api (air brake), peralatan kapal laut, jasa uji kalibrasi dan pemeliharaan mesin & elektrik (Harsintrik).
6) Unit Pengembangan Kendaraan Fungsi Khusus (KFK)
Produk-produk yang dihasilkan adalah meliputi :Rantis 2 ½ Ton, Water Cannon, APS 6x6 Dephan, Kendaraan Bank / Bullion, Mobil Kontruksi Khusus, Panser APR 1 – V1 TNI, Panser APR 2 – V1 POLRI, Rantis 5 Ton Mabes, Truk 2 ½ Ton Mabes.
7) Unit Bahan Peledak Komersial (Handakkom)
Bergerak dalam bidang : Produksi : booster, dan ANFO, Jasa Peledakan dan Perdagangan bahan peledak komersial
Disamping usaha tersebut diatas, PT. Pindad memiliki penyertaan modal pada perusahaan-perusahaan sebagai berikut :
1) PT. Cakra Mandiri Pratama (100 % saham Pindad), merupakan anak perusahaan PT. Pindad yang bergerak dalam bidang usaha : industri manufaktur, niaga & jasa dan pelayanan kesehatan (rumah sakit).
2) PT. XYZ ( 7,4 % saham Pindad), merupakan perusahaan patungan dengan bidang usaha : jasa pemasangan dan pemeliharaan mesin turbin.
3) PT. Goodrich Pindad Aeronautical System Indonesia (34 % saham Pindad), merupakan perusahaan patungan dengan bidang usaha : manufaktur komponen pesawat terbang.
4
4) PT. Inti Pindad Mitra Sejati (IPMS) (25 % saham Pindad). merupakan perusahaan patungan dengan bidang usaha : manufaktur komponen dari plastik dan kontruksi.
5) JO Pindad – Dahana merupakan Kerjasama Operasi dalam produksi detonator listrik seismik dan non-seismik dengan total penyertaan PT. Pindad sebesar 50%.
Penyertaan kepemilikan tersebut dilakukan dengan pertimbangan sebagai berikut :
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program