Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Taksi Blue Bird

ABSTRAK

Perkembangan perekonomian dan mobilitas kehidupan masyarakat di Indonesia, begitu sangat cepat. Begitu banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan barang dan jasa kepada target pasarnya. Perlu membutuhkan strategi-strategi untuk menghadapi persaingan. Perusahaan-perusahaan harus memberikan nilai yang menguntungkan kepada konsumen, hal ini diharapkan agar konsumen merasa puas atas barang dan jasa yang ditawarkan. Apabila kepuasan terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan konsumen akan loyal terhadap perusahaan. Keberadaan konsumen yang loyal memang sangat dibutuhkan, agar perusahaan dapat bertahan hidup (Peter dan Olson 1996, 161)
Didalam penelitian ini terdapat variabel-variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. Variabel-variabel tersebut adalah: price, service quality, customer satisfaction, firm image. Obyek penelitian ini adalah penumpang taksi Blue Bird, dimana hasil pengolahan data yang di hitung berdasarkan penggunaan taksi Blue Bird yang dilakukan responden minimum tiga kali . Didalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 240 responden. Variabel-variabel yang ada dalam penelitian ini diukur menggunakan skala Likert lima poin. Teknik sampel yang digunakan adalah nonprobabilitas dengan metode sampel judgment sampling.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang memberikan gambaran mengenai hubungan yang ada diantara variabel. Analisis yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan software SPSS dan LISREL 8.8. dari hasil yang didapat hanya ada dua hipotesis yang didukung, yaitu: adanya pengaruh positif variabel price terhadap customer satisfaction dan adanya pengaruh positif customer satisfaction terhadap customer loyalty.File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program