Analisis Jaringan Kerja Untuk Meminimalkan Waktu dan Biaya Pengerjaan Proyek Pada PT. Dinamika Cipatakarya Sanusa, Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penyelesaian aktivitas sesuai dengan ekspektasi waktu pada proyek yang dikerjakan oleh PT Dinamika Ciptakarya Sanusa; (2) mengetahuan penyelesaian aktivitas kegiatan melalui metode PERT pada salah satu proyek yang dikerjakan oleh PT. Dinamika Ciptakarya Sanusa periode tahun 2007; (3) mengetahui apakah biaya dan waktu yang dibutuhkan jika dibutuhkan percepatan penyelesaian proyek melalui metode PERT.
Data yang digunakan untuk bahan analisis adalah data pengerjaan proyek pembuatan pintu dan jendela dari aluminium tahun 2007 yang dikerjakan oleh PT. Dinamika Ciptakarya Sanusa. Teknik analisis data menggunakan analisis PERT dan CPM dengan penggunaan jalur kritis.
Diperoleh kesimpulan bahwa penyelesaian aktivitas dari proyek PT. Dinamika Ciptakarya Sanusa telah sesuai dengan ekspektasi waktu yang ditentukan. Penyelesaian aktivitas melalui metode PERT pada salah satu proyek yang dikerjakan oleh PT. Dinamika Ciptakarya Sanusa periode tahun 2007 adalah menggunakan metode jalur kritis. Metode ini terbukti dari hasil perhitungan lebih efisien dan efektif dibandingkan bila perusahaan tidak menggunakan analisis dengan metode jalur kritis.
Dengan metode PERT dan CPM dapat menjadikan proses pengerjaan proyek lebih cepat sehingga perusahaan dapat menunjukkan kualitas kerja yang lebih efektif. Selain itu, penggunaan metode PERT dan CPM terbukti mampu meminimalisasi biaya tambahan.File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program