Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Produk Melalui Sistem Online Pada Bhinneka.Com

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi marketing atau shopping online pada Bhinneka.com, (2) mengetahui tingkat kepuasan konsumen, (3) mengetahui hubungan tingkat kepuasan dengan keputusan pembelian.
Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu melalui penyebaran kuisioner yang diedarkan dan kemudian diisi oleh 100 responden yang dijadikan sebagai sampel. Sampel ditentukan berdasarkan random dan aksidental. Atribut kepuasan konsumen dan keputusan pembelian yang digunakan mengacu ke atribut: Nyata (tangibles), Keandalan (Reliability), Kesigapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy). Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan: Uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji korelasi dan uji t.
Implementasi pembelian produk online atau shopping online pada PT Bhinneka Mentari Dimensi adalah dengan merancang website dalam hal ini Bhinneka.com sebagai media untuk melakukan penjualan. Pada website ini ditampilkan seluruh produk-produk elektronik yang dijual disertai spesifikasi teknis, harga, gambar produk, tata cara pembelian, dan sebagainya.
Terdapat dampak atau hubungan yang positif dan signifikan antara Kepuasan dan Pembelian. Hal itu diketahui dari hasil uji korelasi dan uji t yang diperoleh kesimpulan ditolaknya Ho dan diterimanya Ha. Hubungan yang searah (positif) artinya, jika variabel Kepuasan ditingkatkan maka variabel Pembelian pun akan mengalami peningkatan. Begitu juga sebaliknya, jika variabel bebas tersebut mengalami penurunan, maka akan diikuti dengan penurunan pada variabel pembelian.
Kendala-kendala yang dihadapi PT Bhinneka Mentari Dimensi umumnya terpusat dalam masalah masih terbatasnya SDM. Kendala lain adalah permasalahan menyangkut sistem pengantaran (delivery) barang ke konsumen yang sering mengalami keterlambatan dan permasalahan minimnya informasi mengenai kecendrungan minat konsumen terhadap isi website Bhinneka.com.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah: (1) diperlukan peningkatan kualitas SDM, (2) memperhatikan faktor kepuasan produk terhadap sebagai dua faktor dominan yang berhubungan dengan kepuasan, (3) melakukan pengembangan bidang usaha lain sehingga pendapatan perusahaan dapat bertambah dan dapat merekrut SDM lebih banyak, melakukan polling di website bhinneka.com mengenai isi (content) website yang telah dipublish, dan bekerjasama dengan perusahaan lain (outsourcing) yang memiliki usaha khusus dalam bidang kurir.
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program