Analisis Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan CDMA Esia

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kualitas produk dan kepuasan konsumen, (2) hubungan antara kualitas produk terhadap kepuasaan pelanggan CDMA Esia di Bekasi, (3) pengaruh antara dimensi kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan CDMA Esia Bekasi, dan (4) dimensi kualitas produk mana yang paling dominan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan CDMA Esia Bekasi.
Data menggunakan data primer, yaitu data yang diambil dari penyebaran kuesioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna CDMA ESIA pascabayar di Bekasi Barat. Jumlah sampel dibatasi sebanyak 90 orang, dengan menggunakan metode purposive random sampel. Metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas dan Normalitas, Uji Korelasi, Uji z, Uji Regresi Berganda dan Uji t untuk menguji hipotesis penelitian.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan: Variabel Kualitas Produk ESIA menurut responden saat ini adalah “tinggi”; sedangkan angka tertinggi adalah mengenai pulsa Esia dengan sistem talktime yang sangat hemat. Adapun Kepuasan Konsumen terhadap produk ESIA tergolong “Puas”. Dari uji korelasi dan Uji z diperoleh kesimpulan seluruh variabel bebas memiliki hubungan yang kuat, searah dan signifikan dengan kepuasan konsumen.
Variabel yang mempengaruhi kepuasan adalah faktor keandalan dan fitur. Sedangkan variabel Kegunaan, Kesesuaian, dan Kemasan jika dilakukan secara terpisah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Dari uji regresi diperoleh informasi bahwa variabel yang dominan mempengaruh kepuasan konsumen adalah variabel fitur.File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program