Analisis Respon Konsumen Terhadap Iklan Sabun Lux Di Media Televisi Pada PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk., JAKARTA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen terhadap Iklan Sabun Lux pada PT Unilever Indonesia, Jakarta, Tbk..

Dikarenakan penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan respon konsumen terhadap Iklan Sabun Lux di Televisi, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang bersifat untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain.

Respon konsumen berarti tindakan atau tanggapan yang akan dilakukan oleh konsumen dalam menanggapi pesan iklan yang ditawarkan. Respon tersebut bisa berupa positif yang berakhir dengan mengadakan tindakan pembelian produk, dan bisa juga menunjukkan respon negatif terhadap iklan dengan tidak mengadakan tindakan yang diharapkan oleh perusahaan.

Hasil penelitian mengenai Respon Konsumen terhadap Iklan Sabun Lux di Media Televisi yang dilancarkan perusahaan adalah sebagai berikut:
• Berdasarkan data mengenai jawaban responden mengenai Respon Konsumen terhadap Iklan Sbaun Lux PT. Unilever Indonesia, Tbk., Jakarta ternyata dari 20 orang yang diteliti: hanya 1 orang (5%) yang memiliki Respon rendah, sedangkan yang memiliki respon sedang sebanyak 2 orang (10%), yang memiliki respon tinggi sebanyak 7 orang (35%) dan yang memiliki respon sangat tinggi sebanyak 10 orang (50%).
• Dari hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa Respon Konsumen terhadap Iklan Sabun Lux di Media Televisi oleh PT. Unilever Indonesia, berdasarkan responden saat ini adalah “sangat tinggi”.

Dari hasil analisis data di atas, untuk kasus penelitian ini telah terbukti bahwa Respon Konsumen terhadap Iklan Sabun Lux adalah sangat tinggi. Hal ini memberikan implikasi bahwa iklan yang telah dijalankan perusahaan melalui media televisi untuk memperkenalkan produk kepada para konsumen adalah sangat efektif, artinya tujuan dari iklan yang diharapkan telah tercapai, yakni mendapat respon positif dari konsumen.
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program