Biaya Personal Selling, Biaya Periklanan, dan Biaya Publisitas terhadap Nilai Penjualan

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan Personal Selling, Periklanan, Publisitas dan Nilai Penjualan pada PT. Elnusa Multi Industri Komputer, (2) pengaruh Biaya Personal Selling, Biaya Periklanan dan Biaya Publisitas secara bersama-sama terhadap Nilai Penjualan pada PT. Elnusa Multi Industri Komputer, (3) hubungan Biaya Personal Selling, Biaya Periklanan dan Biaya Publisitas secara bersama-sama terhadap Nilai Penjualan pada PT. Elnusa Multi Industri Komputer.
Jenis data dalam penelitian ini diambil dari data sekunder yang telah tersedia. Data tersebut mencakup: data tentang biaya personal selling, data biaya periklanan, data biaya publisitas dan data tentang nilai penjualan yang dapat dilihat dari laporan keuangan per 3 bulan dari Januari 2004 sampai dengan bulan Desember 2006. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Metode Analisis Deskriptif Kualitatif, digunakan untuk menggambarkan dan menguraikan bentuk pelaksanaan ketiga variabel bebas pada PT. Elnusa Multi Industri Komputer; dan Metode Analisis Kuantitatif digunakan untuk menghitung hubungan dan pengaruh dari variabel-variabel penelitian yang ada. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi dan regresi berganda.
Pelaksanaan personal selling PT ELMIK dilakukan dengan 3 jenis: mail order, telephone selling, dan direct selling.
Pelaksanaan kegiatan periklanan PT ELMIK mengkombinasikan antara product advertising, brand image advertising dan company advertising. Sedangkan media periklanan yang digunakan adalah melalui: media cetak dan media outdoor display.
Pelaksanaan publisitas pada PT ELMIK dilakukan dengan memberikan santunan atau beasiswa kepada masyarakat tidak mampu, sumbangan sosial bencana alam, menjadi sponsor untuk event-event kemasyarakatan atau kepedulian sosial, seminar, dan sebagainya.
Diperoleh hasil bahwa variabel Biaya Personal Selling, Biaya Periklanan dan Biaya Publisitas secara bersama-sama memiliki “korelasi kuat” terhadap nilai penjualan. Hal itu diketahui dari nilai koefesien korelasi berganda sebesar 0.955.
Dari Uji Regresi diperoleh model persamaan Ŷ = 340.399 + 0.990 X1 + 1.910 X2 - 2.784 X3. Dapat dijabarkan bahwa, kenaikan pada variabel X,1, X2, X2 akan diringi dengan kenaikan pada variabel Y.
Pengaruh Biaya Personal Selling, Periklanan dan Pubilsitas Iklan terhadap Nilai Penjualan diketahui sebesar 88%, dan 12% lainnya adalah pengaruh dari faktor-faktor lain.
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program