Direct Marketing, Biaya Personal Selling, dan Biaya Pemberian Diskon terhadap Nilai Penjualan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada umumnya, perusahaan mempunyai tujuan mendapatkan laba tertentu dan mempertahankan atau bahkan berusaha meningkatkannya untuk jangka waktu lama. Tujuan tersebut dapat terlaksana apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti yang direncanakan. Dengan demikian, tidak berarti bahwa barang atau jasa yang terjual selalu akan menghasilkan laba. Di sinilah perlunya faktor-faktor pendukung penjualan, di antaranya kemampuan merencanakan strategi penjualan melalui cara-cara promosi yang tepat, memilih tenaga penjualan yang handal, meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
Bagi setiap perusahaan, pada umumnya mempunyai tiga tujuan umum dalam penjualan produk yang dihasilkannya, yaitu: (1) mencapai nilai penjualan, (2) mendapatkan laba, (3) menunjang pertumbuhan perusahaan. Usaha-usaha untuk mencapai tujuan tersebut tidak sepenuhnya hanya dilakukan oleh pelaksana penjualan atau para penjual. Dalam hal ini perlu adanya kerjasama yang solid di antara fungsionaris dalam perusahaan, termasuk di dalamnya tenaga penjual langsung sebagai ujung tombak perusahaan dalam memasarkan produknya langsung kepada konsumen.
Khusus yang berkenaan dengan nilai penjualan yang menguntungkan, hal itu merupakan tujuan dari konsep pemasaran, artinya laba itu dapat diperoleh dari penjualan. Dengan nilai penjualan yang menciptakan laba ini, perusahaan dapat tumbuh dan berkembang serta dapat memperkuat kondisi perekonomian perusahaan.
Dapat pula dikatakan bahwa sebenarnya nilai penjualan itu sendiri merupakan pencerminan dari usaha-usaha perusahaan yang berhasil memberikan kepuasan kepada konsumen. Untuk memberikan kepuasan tersebut, perusahaan dapat melakukannya misalnya dengan menyediakan/menjual produk atau jasa yang paling baik dengan harga yang layak.
Berkenaan dengan penetapan harga tersebut, hal itu terkait juga dengan pemberian diskon kepada konsumen untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Pemberian diskon dipercaya sebagai sebuah langkah dalam strategi pemasaran yang dapat meningkatkan rangsangan dan minat beli konsumen.
Dengan adanya diskon tersebut, hal itu dapat memberikan stimulus atau rangsangan dalam pikiran konsumen bahwa mereka dapat memperoleh produk atau jasa yang diinginkan dengan harga yang awalnya tinggi menjadi rendah sehingga konsumen merasa beruntung untuk tidak melewatkan momen tersebut di samping sebagai cara yang efektif untuk bersaing dengan para kompetitor.
Sekilas tentang objek penelitian, PT. Citra Protecta Semesta merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang elektrikal dan elektronik power. Dari segi nilai penjualan produk PT. Citra Protecta Semesta, selama 2 (dua) tahun terakhir, yaitu dari tahun 2005 sampai dengan 2006 mengalami kenaikan. Hal itu dapat dilihat pada Tabel di bawah ini.
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program