Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Anker Bir

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar domestik (nasional) maupun di pasar internasional/global. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mengetahui bagaimana perilaku konsumen baik dilihat dari kepuasan para pelanggan atau pengguna, dari segi harga yang ditawarkan, penyerahan produk yang lebih cepat dan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik daripada para pesaingnya.
Pemasaran merupakan urat nadi perusahaan, dalam arti sangat urgen kedudukannya dalam menentukan kelangsungan hidup perusahaan dan berperan penting dalam pengembangan bisnis. Karena tanpa adanya kegiatan pemasaran maka tidak akan terjadi pemindahan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen, yang berarti tidak akan terjadi proses pertukaran. Pemasaran berperan sebagai jembatan utama, penghubung antara perusahaan sebagai produsen dengan para pelanggan sebagai konsumen. Tidak ada gunanya barang atau jasa yang bermutu tinggi tetapi konsumen tidak mengetahui mengenai spesifikasi lengkap dan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Di sinilah pentingnya bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasarannya. Dari langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan respon konsumen dalam bentuk pembelian produk/jasa perusahaan dan loyalitas konsumen.
PT Jangkar Delta Indonesia merupakan anak perusahaan (subsidiary) dari PT Delta Djakarta, Tbk, sebuah perusahaan manufaktur bidang industri barang konsumsi, khususnya minuman. Salah satu produk PT Jangkar Delta Indonesia adalah Anker Bir, minuman beralkohol jenis pilsner beer and stout. Selain merek Anker, perusahaan juga memproduksi merek lain dengan jenis yang sama yaitu dengan merek-merek: Carlsberg, San Miguel, Kuda Putih dan San Mig Light. Perusahaan juga memproduksi minuman yang non-alkohol dengan merek Sodaku dan Soda Ice. Produk Anker Bir PT Jangkar Delta Indonesia merupakan salah satu produk andalan perusahaan, dengan merek yang sudah terkenal di Indonesia.
Sehubungan dengan keputusan pembelian konsumen terhadap produk Anker Bir, hal itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal individu konsumen, faktor eksternal, dan faktor stimuli pemasaran (Alma (2000: 55-57).
Faktor yang pertama, yaitu faktor individu konsumen, terkait erat dengan kebutuhan, persepsi terhadap karakteristik merek/produk, kondisi demografis atau biografis (termasuk usia), gaya hidup dan karakteristik kepribadian individu konsumen. Persepsi dan kebutuhan konsumen dapat berbentuk loyalitas terhadap suatu merek (brand loyalty), dan kesadaran dalam bentuk kognitif terhadap suatu merek (brand aware) yang berupa kualitas isi, pelayanan, maupun kemasan suatu barang (Kotler, 2005:154).
Adapun faktor yang kedua, yaitu faktor pengaruh-pengaruh dari lingkungan/kelompok, dapat dirinci sebagai berikut: (1) lingkungan (environment), adalah semua karakteristik fisik dan sosial dari dunia eksternal konsumen yang mempengaruhi tindakan konsumen; (2) kebudayaan (culture), ialah makna yang dimiliki bersama oleh (sebagian besar) masyarakat dalam suatu kelompok sosial. Budaya diyakini oleh para pakar memiliki pengaruh kuat terhadap konsumen, khususnya dalam keputusan untuk membeli suatu produk; (3) keluarga (family), adalah aspek lingkungan sosial mikro bagi konsumen. Interaksi yang terjadi di dalam keluarga mampu menimbulkan pengaruh terhadap afeksi dan kognisi bagi konsumen di dalam membeli suatu produk; (4) grup referensi (reference groups), ialah sekumpulan orang yang sangat akrab dengan individu konsumen, yang sering kali memberikan advis, pengarahan, dan pemikiran yang mempengaruhi pola konsumsi mereka; (5) kelas sosial (social class), merupakan kelompok masyarakat yang mempunyai tingkat tertentu yang memiliki nilai dan sikap yang berbeda dari kelompok tingkatan lain. Orang-orang dalam kelas sosial tertentu cenderung memiliki perilaku, kebiasaan tertentu dalam kehidupan sehari-hari, yang dengannya mempengaruhi pula pola konsumsi mereka (Kotler dan Armstrong, 2004:178).
Motivasi konsumen untuk membeli suatu barang merupakan hal yang mengarah pada kegiatan pembelian. Perusahaan harus dapat mengetahui apa dan bagaimana cara agar konsumen termotivasi untuk membeli. Motivasi Pembelian dapat dikatakan sebagai cerminan apa yang dipentingkan oleh konsumen (Kotler, 2005:189).
Dari penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian berdasarkan pendapat dari Alma, Kotler dan Armstrong di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai: “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK ANKER BIR PADA PT. JANGKAR DELTA INDONESIA, JAKARTA ”.

B. Pembatasan Masalah
Penelitian dibatasi pada beberapa aspek berikut ini:
1. Responden: konsumen akhir (end users) atau yang pernah membeli Anker Bir. Responden dibatasi di wilayah Jakarta Pusat, khususnya di beberapa Pasar Swalayan yang menyediakan produk Anker Bir, seperti Carrefour dan Giant di Jakarta Pusat.
2. Produk: Produk yang diteliti adalah produk Anker Bir sebagai produk dari PT Jangkar Delta Indonesia. Produk ini dipilih karena produk tersebut merupakan produk utama perusahaan dan telah terkenal di Indonesia serta memiliki segmentasi pasar untuk semua kalangan dibandingkan dengan produk-produk perusahaan lainnya, seperti Carlsberg, San Miguel, Kuda Putih dan San Mig Light, yang memiliki segmentasi khusus.
3. Cakupan penelitian: penelitian dibatasi pada variabel gaya hidup, referensi grup, harga kaitannya dengan keputusan pembelian terhadap produk Anker Bir.

C. Perumusan Masalah
Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program