Hubungan Motivasi dengan Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan Pada CV. Dian Putra Majuselaras

RINGKASAN

Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada pengamatan bahwa pada umumnya perusahaan bersaing dalam menunjukkan kinerja yang baik. Suatu perusahaan sangat tergantung pada kinerja karyawannya. Oleh karena itu sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam mencapai tujuan. Untuk mengoptimalkan sumber daya manusia pada perusahaannya, maka CV. Dian Putra Majuselaras berusaha memotivasi karyawannya. Karena motivasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan agar target perusahaan dapat tercapai. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan prestasi kerja karyawan pada CV. Dian Putra Majuselaras.

Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 30 orang karyawan pada CV. Dian Putra Majuselaras, yang mana terdapat 20 pertanyaan yang masing-masing indikator 10 pertanyaan yang berhubungan dengan motivasi dan prestasi kerja. Indikator yang digunakan dalam penelitian untuk mengukur motivasi adalah keberhasilan pelaksanaan, pengakuan, tanggung jawab, pengembangan, pekerjaan itu sendiri, gaji dan upah serta administrasi perusahaan. Sedangkan indikator yang digunakan dalam penelitian untuk mengukur prestasi kerja adalah pengetahuan, kecakapan, kerjasama, loyalitas, mentalitas, tanggung jawab, prestasi kerja, disiplin, kesehatan dan kemampuan berorganisasi. Untuk menganalisa data digunakan metode kuantitatif yaitu dengan korelasi Rank Spearman.

Hubungan antara motivasi dengan prestasi kerja karyawan pada CV. Dian Putra Majuselaras sudah sesuai dengan teori yang digunakan dan hasil yang diperoleh dengan menggunakan korelasi Rank Spearman (rs) = 0,10, yang berarti hubungan antara motivasi dengan prestasi kerja adalah kuat dan positif. Dalam uji hipotesis Ho ditolak karena rshitung > rstabel atau 8,772 > 1,734, yang berarti bahwa benar ada hubungan antara motivasi dengan prestasi kerja karyawan dengan tingkat keyakinan 5%.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi mampu meningkatkan prestasi kerja karyawan pada CV. Dian Putra Majuselaras. Karyawan mampu menyelesaikan tugas pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan keahliannya, karena adanya dukungan keteladanan dari pimpinan, rekan dan tim kerja yang baik serta lingkungan kerja yang nyaman. Perusahaan juga memberikan pendidikan dan
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program