Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Telkom Speedy Pada PT Telkom Jakarta Selatan

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Kegiatan utama setiap perusahaan adalah berupaya untuk menjual produk atau jasa yang dihasilkannya agar dapat dinikmati dan diterima oleh para pelanggannya. Kegiatan ini merupakan tonggak utama agar setiap perusahaan dapat bertahan dan eksis di tengah-tengah masyarakat dan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Kegiatan ini terkait erat dengan penjualan. Setiap perusahaan, jika tidak memiliki ide-ide cemerlang untuk mendapatkan kepercayaan pasar melalui kegiatan-kegiatan penjualan maupun pemasaran yang sesuai dengan tuntutan pasar, maka produk atau jasa yang dihasilkannya akan sia-sia, karena tidak akan menghasilkan apa-apa bagi kemajuan perusahaan.
Tidak diragukan lagi, bahwa di antara semua kegiatan perusahaan, yang harus diperhatikan adalah kegiatan penjualan, karena tanpa adanya kegiatan penjualan maka tidak akan terjadi pemindahan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen, yang berarti tidak akan terjadi proses pertukaran. Penjualan berperan sebagai jembatan utama, penghubung antara perusahaan sebagai produsen dengan para pelanggan sebagai konsumen. Tidak ada gunanya barang atau jasa yang bermutu baik tetapi konsumen tidak mengetahui mengenai spesifikasi lengkap dan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Di sinilah pentingnya bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen, yaitu melalui kegiatan-kegiatan promosi. Dari langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan tingkat penjualan produk perusahaan.
Fungsi promosi dalam strategi pemasaran adalah untuk mengkomunikasikan produk perusahaan kepada masyarakat konsumen, yang dapat dilakukan dengan empat variabel, yaitu:
1. Periklanan: dapat berupa penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi barang produk atau jasa yang dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar.
2. Promosi penjualan: insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.
3. Publisitas: suatu stimulasi non-personal terhadap permintaan suatu produk, jasa atau unit dagang dengan menyebarkan berita-berita komersial di dalam suatu media yang disebarluaskan yang tidak dibayar oleh pihak sponsor; dan
4. Personal selling: dapat berupa presentasi lisan dalam suatu pembicaraan dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan tujuan untuk melakukan penjualan.
Sekilas tentang obyek penelitian, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) dengan Visi "To Become a Leading InfoCom Player in the Region" senantiasa berusaha untuk memberikan layanan dan jasa terbaik bagi masyarakat Indonesia.
Salah satu layanan unggulan TELKOM di 2006 ini adalah TELKOM Speedy. TELKOM Speedy merupakan Layanan internet access end to end dari PT TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan maksimal 384 kbps yang dijaminkan dari Modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server) di sisi perangkat TELKOM. Dengan slogan "Broadband Internet Access for Home and Small Office" maka TELKOM Speedy menjadi solusi utama bagi akses broadband koneksi Internet tidak hanya di kalangan bisnis namun meluas sampai ke rumah-rumah.
Dengan demikian, seperti tertuang dalam teori di atas, bahwasanya kegiatan promosi diasumsikan berpengaruh secara kuat terhadap tingkat penjualan. Untuk itu, penelitian ini akan memfokuskan pembahasan pada pengujian teori dan asumsi tersebut, yaitu untuk menguji validitas “PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENJUALAN TELKOM SPEEDY PADA PT TELKOM JAKARTA SELATAN”.

1.2 Perumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Jakarta Selatan yang merupakan perusahaan penyedia jasa internet Telkom Speedy, di mana strategi pemasaran lebih ditekankan melalui kegiatan promosi untuk menginformasikan dan meyakinkan produk kepada konsumen serta memberikan pelayanan yang baik.
Masalah yang dihadapi oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Jakarta Selatan dapat dirumuskan sebagai berikut, yaitu:
“Apakah promosi berpengaruh terhadap penjualan pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Jakarta Selatan?”

1.3 Pembatasan Masalah
Penelitian mengenai promosi dan pelaksanaannya telah banyak didiskusikan dan diteliti oleh para ahli dan dimensinya pun berbeda-beda. Dalam hal ini penulis mengidentifikasi masalah-masalah yang terkait dengan penelitian ini, antara lain:
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program