Promosi Melalui Website dan Pameran dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Keberhasilan sebuah perusahaan dalam upaya meningkatkan volume penjualan sangat tergantung pada bagaimana perusahaan tersebut mengelola bagian yang ada pada perusahaan, terutama bagian pemasaran yang sangat besar pengaruhnya dalam memutuskan strategi bagaimana agar produk yang dihasilkan benar-benar laku di pasaran. Strategi pemasaran ini mencakup berbagai masalah penentuan harga, kegiatan promosi, penggunaan saluran distribusi dan bauran produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Melihat keberhasilan suatu dunia usaha, dapat dilihat dari salah satu ukuran, yaitu besar kecilnya keuntungan yang diperoleh. Dapat pula dikatakan bahwa manajemen semakin berhasil dalam melaksanakan fungsinya dengan melihat keuntungan yang diperoleh karena terjualnya barang atau jasa yang dihasilkan sehingga hasilnya memungkinkan perusahaan tersebut untuk terus beroperasi.
Semakin banyak munculnya perusahaan, akan menimbulkan persaingan antara produk yang sejenis dan satu sama lain berusaha untuk menguasai pasar. Periklanan yang dibuat oleh suatu perusahaan dapat merupakan ancaman bagi perusahaan lain yang juga memasarkan produk sejenis. Pada zaman sekarang ini produsen bukan hanya sekedar memperkenalkan produk yang dihasilkan saja tetapi juga menciptakan kegairahan kepada konsumen untuk membeli. Di lain pihak terlihat pula bahwa kebijaksanaan perusahaan bertumpu pada penggunaan alokasi dana yang relatif tinggi untuk kegiatan promosi dalam meningkatkan penjualan.
Kunci keberhasilan dari setiap bisnis adalah memahami, mengantisipasi serta memenuhi kebutuhan pelanggan. Tujuan dari bisnis adalah mencari laba yang setinggi-tingginya, sasaran bisnis adalah menetapkan besarnya keuntungan yang ingin dicapai, dengan demikian sasaran bisnis ikut bagaimana cara memperoleh keuntungan tersebut. Sasaran bisnis diperoleh dari visi dan misi perusahaan, atau tantangan yang harus diselesaikan ke depan, pemasaran memberi input strategis untuk menentukan sasaran bisnis tersebut. Dari sasaran bisnis disusunlah sasaran pemasaran, dari sasaran pemasaran dipilih berbagai strategi atau cara untuk mencapai sasaran tersebut. Di sinilah promosi memegang peranan.
Perkembangan media promosi dewasa ini sangat pesat dan beragam jenisnya, dengan adanya dukungan teknologi yang memungkinkan perusahaan melakukan promosi, salah satunya adalah melalui internet. Perusahaan bisa dengan mudah mempromosikan barang atau jasa di internet dengan membuat website dari perusahaan. Media promosi melalui website bisa sangat besar pengaruhnya terhadap volume penjualan, tergantung bagaimana membuat website agar menarik perhatian konsumen. Biaya pembuatannya relatif murah dan lebih luas wilayah jangkauannya karena seluruh dunia bisa mengakses website dari perusahaan.
Seperti halnya PT Yakin Maju Sentosa yang bergerak dalam memasarkan alat-alat teknik kebutuhan industri di Indonesia, sudah mengantisipasinya dengan membuat website sebagai salah satu sarana promosinya. Di samping itu, PT Yakin Maju Sentosa ikut serta dalam pameran-pameran yang berkaitan dengan alat-alat teknik sebagai kebutuhan dasar bagi perusahaan manufaktur.
Kedua media promosi di atas merupakan salah satu strategi promosi yang dilakukan di samping media promosi lainnya, seperti membuat brosur dan personal selling dalam usaha meningkatkan volume penjualan.
Meningkatkan penjualan produk suatu perusahaan tentu banyak kendalanya, salah satunya adalah faktor saingan, harga, dan pelayanan. Dalam hal promosi di sini, penulis ingin memperlihatkan perbandingan tingkat efektivitas dan tingkat efisiensi dari dua sarana media promosi yang ada, yaitu antara website dan pameran. Manakah yang lebih baik dalam usaha meningkatkan volume penjualan. Karena alasan tersebut penulis mengambil topik “ANALISIS PROMOSI MELALUI WEBSITE DAN PAMERAN DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. YAKIN MAJU SENTOSA”.

1.2 Identifikasi Masalah
Penulis dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul, antara lain:
1. Promosi melalui website memegang peranan penting dalam pemasaran dan cukup efektif untuk mencapai sasaran pemasaran tertentu, namun promosi melalui website ini baru ada pada 6 tahun terakhir (yaitu dimulai pada tahun 2000), sehingga diperlukan analisis efektivitasnya terhadap pencapaian volume penjualan.
2. Kurangnya perencanaan yang matang dalam melakukan strategi promosi seperti: direct marketing, periklanan, promosi penjualan dan sebagainya sehingga manajemen perusahaan harus merumuskan pemikiran yang cermat untuk merencanakan dan mengelola strategi promosi yang tepat.
3. Pameran dilakukan tidak secara periodik tetapi didasarkan pada momen-momen tertentu, sehingga hal itu pun memerlukan analisa yang lebih lanjut mengenai efektivitas pameran yang telah dilakukan oleh perusahaan dan pengaruhnya terhadap volume penjualan.
4. Persaingan yang tinggi dari perusahaan-perusahaan kompetitor.


1.3 Pembatasan Masalah
Perlu dilakukan pembatasan masalah dalam penelitian ini agar masalah yang dibahas tidak menjadi terlalu luas. Dalam hal ini penulis mencoba membatasi masalah yang ada yaitu hanya akan membahas mengenai variabel promosi melalui website dan promosi melalui pameran terhadap volume penjualan pada PT. Yakin Maju Sentosa, Jakarta.

1.4 Perumusan Masalah
Masalah utama yang akan menjadi permasalahan pokok yang diteliti adalah beberapa masalah sebagai berikut:
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program