Prospek Pengembangan Usahatani Semangka Di Kabupaten Lombok Tengah

BAB I
P E N D A H U L U A N

1.1. Latar Belakang
Arah pembangunan pertanian adalah untuk mewujudkan pertanian yang tangguh, maju dan efisien, yang dicirikan oleh kemampuan dalam mensejahterakan petani dan kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan sektor terkait dan ekonomi nasional secara keseluruhan.
Sektor pertanian masih memegang peranan penting dalam perekonomian nasional, terutama perekonomian rakyat karena harus memenuhi kebutuhan pangan penduduk Indonesia yang terus meningkat.
Peningkatan produksi pangan terutama dimaksudkan untuk penyediaan panga yang mempunyai arti penting dalam mempertinggi taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat.
Untuk mencapai maksud tersebut peningkatan produksi pangan tidak hanya bertumpu pada pangan pokok, tetapi peningkatan produksi tanaman hortikultura khususnya sayur-sayuran dan buah-buahan mendapat perhatian yang sama untuk dikembangkan. )
“Salah satu komoditi holkultura yang mendapat perhatian khusus adalah buah-buahan, karena merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh” ), Permintaan konsumen terhadap buah-buahan mengalami penigkatan. keadaan ini dapat dilihat pada tahun 1997 komsumsi buah-buahan mencapai 21,28 Kg per kapita per tahun atau sebesar 65,2 persen dari jumlah yang dianjurkan sebanyak 32,6 Kg per kapita per tahun. Pada tahun 1999 meningkat menjadi 28,1 Kg per kapita per tahun dan pada tahun 2001 meningkat menjadi 30,6 Kg per kapita per tahun. “Meningkatnya permintaan buah-buahan ini disebabkan oleh pertambahan penduduk dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai gizi dalam makanan sehari-hari serta meningkatkan taraf hidup keluarga. “ )

Meningkatnya komsumsi masyarakat akan buah-buahan harus ditunjang oleh peningkatan produksi dan luas panen. Ada beberapa cara untuk meningkatkan produksi buah-buahan antaranya adalah :
1. Mengadakan peremajaan tanaman buah-buahan dengan varietas unggul yang sesuai dengan kondisi daerah.
2. Pembukaan lahan baru untuk usaha perkebunan buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.3)
Dengan adanya usaha peningkatan produksi ini, produksi buah-buahan mengalami peningkatan. Meningkatnya produksi buah-buahan ini berarti kebutuhan gizi masyarakat dapat terpenuhi, selain itu juga dapat membatasi impor buah-buahan serta meningkatnya pendapatan petani itu sendiri.
Daerah yang memiliki potensi terhadap komoditi itu akan lebih diusahakan pengembangannya secara intensif dan lebih diutamakan terhadap komoditi yang memiliki nilai okanomi dan gizi tinggi. Dalam usaha memenuhi buah-buahan pemerintah telah melakukan berbagai usaha peningkatan produksi. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mewujudkan desa buah-buahan yang dapat dijadikan pendorong kearah perbaikan gizi masyarakat, pemanfaatan lahan dan sekaligus memenuhi permintaan pasar.
Propinsi NTB merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki lahan potensial guna mengembangkan usaha buah-buahan, juga karena tanah dan iklimnya cocok untuk pertumbuhan buah-buahan.
Salah satu tanaman buah-buahan yang berpotensi dan mendapat prioritas untuk dikembangkan di Propinsi NTB adalah buah semangka. Tanaman buah semangka cocok untuk dikembangkan di Propinsi NTB karena tanaman tersebut termasuk tanaman daerah tropis, tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 300 meter dari permukaan laut, membutuhkan tanah dengan kandungan bahan organik yang cukup tinggi. Di samping itu tanaman semangka banyak mengandung zat gizi seperti Vitamin A, B, dan C serta rasanya enak, sehingga disukai masyarakat, yang berarti mempunyai nilai ekonomi tinggi atau menjadi komoditi yang komersial. Usahatani semangka ini dapat dikembangkan di sawah tadah hujan atau di lahan kering dimana air merupakan faktor pembatas utama. Oleh karena itu usahatani semangka cocok dikembangkan di Propinsi NTB karena lahan kering yang dimiliki cukup luas.
Usahatani semangka di Propinsi NTB baru dikembangkan di Pulau Lombok, sementara di Pulau Sumbawa belum diusahakan. Hal ini disebabkan karena Pulau Lombok merupakan daerah pertama di kembangkan komoditi buah semangka untuk Propinsi NTB. Usahatani semangka di Pulau Sumbawa sementara ini belum diusahakan, namun tidak menutup kemungkinan bahwa pengembangn Usahatani semangka akan dilakukan di Pulau Sumbawa mengingat lahan kering paling luas ada di pulau Sumbawa. untuk jelasnya dapat dilihat pada tabel I berikut.
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program