Hubungan Permeabilitas Beberapa Obat Yang Mempunyai Satu Gugus Asam Karboksilat Terhadap Laju Absorpsi Pada USus Halus Yang Di Homogenkan

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian mengenai hubungan permeabilitas beberapa obat yang mempunyai satu gugus asam karboksilat terhadap laju absorpsi pada usus halus kelinci yang dihomogenkan, yang mana tediri dari dua rancangan percobaan yaitu penentuan log P dan penentuan laju absorpsi dengan menggunakan asam mefenamat, ibuprofen, dan ketoprofen sebagai sampel. Penetapan kadar obat menggunakan spektrofotometer ultraviolet. Penentuan log P menggunakan kloroform jenuh dapar fosfat pH 7,4 dan dapar fosfat pH 7,4 jenuh kloroform. Penentuan laju absorpsi menggunakan dapar fosfat pH 7,4. Kedua percobaan ini menggunakan larutan obat dengan konsentrasi 0,002 M pada temperatur kamar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dan uji beda nyata.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara struktur kimia dengan permeabilitas dan juga untuk mengetahui hubungan antara permeabilitas dengan laju absorpsi pada usus halus yang dihomogenkan dari beberapa obat yang mempunyai satu gugus asam karboksilat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan struktur kimia berbanding lurus dengan permeabilitasnya, tergantung pada gugus hidrofilik dan lipofilik yang dimiliki oleh senyawa obat tersebut.
Hasil penelitian juga menunjukkan hubungan permeabilitas dari ketiga obat tersebut berbanding terbalik dengan laju absorpsi yang dilakukan pada temperatur kamaFile Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program