Hubungan Consumer Relations Yang Dilakukan Guest Relations Officer Dengan Minat Kunjungan Pada The Aryaduta Suites Hotel Semanggi Jakarta

ABSTRAK

Masalah utama penelitian ini dibatasi pada beberapa poin pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana kualitas consumer relations yang dilakukan guest relations officer pada The Aryaduta Suites Hotel Semanggi Jakarta menurut pendapat responden? (2) bagaimana minat kunjungan tamu hotel pada The Aryaduta Suites Hotel Semanggi Jakarta? (3) bagaimana hubungan consumer relations yang dilakukan guest relations officer dengan minat kunjungan tamu hotel pada The Aryaduta Suites Hotel Semanggi Jakarta?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kualitas consumer relations yang dilakukan guest relations officer menurut pendapat responden, (2) minat kunjungan tamu hotel, dan (3) hubungan consumer relations yang dilakukan guest relations officer dengan minat kunjungan tamu hotel pada The Aryaduta Suites Hotel Semanggi Jakarta.
Alat analisis untuk mengetahui kualitas consumer relations yang dilakukan guest relations officer menggunakan statistik deskriptif (frekuensi, persentase dan nilai rata-rata/mean), alat analisis untuk mengetahui minat kunjungan tamu hotel menggunakan statistik deskriptif (frekuensi, persentase dan nilai rata-rata/mean), dan alat analisis untuk menguji hubungan consumer relations yang dilakukan guest relations officer dengan minat kunjungan tamu hotel menggunakan Uji Korelasi Spearman dan Uji t. Untuk penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random (acak), dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Lalu dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji persyaratan data. Pembobotan kuesioner menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas Consumer Relations (X) menghasilkan nilai rata-rata yang termasuk kategori “Baik”. Adapun minat kunjungan dari pengunjung The Aryaduta Suites Hotel Semanggi Jakarta menunjukkan minat yang tinggi. Dari hasil analisis uji korelasi variabel bebas (Consumer Relations yang dilakukan oleh Guest Relations Officer) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Minat Kunjungan dengan nilai korelasi (rs) sebesar 0.602. Adapun dimensi Consumer Relations yang paling dominan berhubungan dengan minat kunjungan adalah dimensi keakraban karena memiliki nilai korelasi (rs = 0.627). Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis melalui uji t yang menolak Ho. Hubungan yang signifikan artinya jika variabel bebas ditingkatkan maka variabel terikat pun mengalami peningkatan. Begitu juga sebaliknya, jika variabel bebas mengalami penurunan, maka diikuti dengan penurunan pada variabel terikat.File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program