Komunikasi Instruktur Dengan Minat Keikutsertaan Anggota Fitness

ABSTRAK

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi instruktur dengan minat keikutsertaan peserta pada kelas tari di Celebrity Fitness Mall Puri Indah.

Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan tabel Taro Yamane, sebanyak 83 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pembobotan kuesioner menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dengan menghitung rata-rata dan modus, Uji Korelasi dan Uji t untuk uji hipotesis.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwasanya Gaya Komunikasi yang diterapkan oleh instruktur ternyata lebih banyak ke gaya open (terbuka) yaitu berorientasi pada hubungan, mendukung kebutuhan orang lain, dan dapat membagi perasaan. Selian itu, dari faktor intensitas minat keikutsertaan peserta pada kelas Tari di Celebrity Fitness, terlihat bahwa dari semua pertanyaan responden memperoleh hasil rata-rata tinggi (berminat).

Dari perhitungan korelasi terbukti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Komunikasi Instruktur dengan Minat Keikutsertaan. Hal itu didukung dengan nilai hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji t, di mana terdapat kesimpulan ditolaknya H0. Dengan demikian bahwa antara variabel bebas dan variabel terikat benar-benar terdapat hubungan yang signifikan.
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program