Pelaksanaan Senam Hamil di RS St. Elisabeth Medan Tahun 201

Abstrak
Senam hamil merupakan salah satu kegiatan dalam pelayanan selama kehamilan (prenatal care) dan senam hamil akan memberikan suatu hasil produk kehamilan atau persalinan yang lebih baik dibandingkan pada ibu-ibu hamil yang tidak melakukan senam. Banyak manfaat yang diperoleh ibu hamil setelah melakukan senam hamil yaitu mempunyai peluang lebih kecil untuk melahirkan dini, waktu pastus singkat dan mengurangi rasa nyeri persalinan. RS St. Elisabet merupakan salah satu Rumah Sakit di Medan yang menyelenggarakan senam hamil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan senam hamil yang meliputi minat, kepatuhan, keseriusan, usia kehamilan dan keluhan di Rumah Sakit St. Elisabet Medan. Sampel penelitian ini adalah seluruh ibu-ibu yang mengikuti senam hamil berjumlah 37 orang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional.
Hasil penelitian diperoleh minat rendah 51,4%, kepatuhan rendah 56,8%, keseriusan rendah 52,4%, usia kehamilan tua 81,1% dan tidak ada keluhan 51,4%. Berdasarkan uji statistik deskriptif diketahui penyelenggaraan senam hamil di RS St. Elisabeth Medan pada tingkat kurang terlaksana 56,8%.
Disarankan kepada instruktur senam 1) melakukan penyuluhan dan sosialisasi sebelum senam dilaksanakan. 2) membuat jadwal senam hamil sesuai dengan waktu luang ibu hamil dan kepada ibu hamil perlu meningkatkan minat senam hamil melalui konsultasi dengan dokter secara rutin dan informasi melalui mediFile Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program