Analisa Faktor-faktor Penyebab Prostitusi

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya prostitusi di wilayah warung remang-remang desa Pondok Udik Parung, Bogor.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, yaitu yang melihat bahwa realitas bergantung kepada definisi subyektif individu. Paradigma ini lebih mengutamakan pemahaman terhadap konteks dan makna-makna dalam memahami realitas, sehingga akan muncul penjelasan yang bermacam-macam. Sedangkan tipe penelitian ini termasuk ke dalam tipe penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan document analysis, depth interviewing, dan unstructure observation (wawancara tidak terstruktur).
Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa faktor-faktor penyebab para wanita terpaksa terjun ke dunia malam yang "hitam" adalah karena beberapa faktor, yaitu: (a) faktor ekonomi, (b) faktor putus cinta yang membuat wanita frustrasi, (c) faktor lingkungan, (d) faktor hasrat seks, (e) dan dikarenakan tipuan dari para mucikari.
Dari kelima faktor prostitusi di atas, ternyata faktor yang paling dominan adalah faktor yang pertama, yaitu faktor ekonomi. Faktor ekonomi ini secara operasionalnya adalah susah mendapatkan pekerjaan di Ibukota dengan bekal pendidikan yang minim sedangkan kebutuhan terhadap "bertahan hidup" merupakan sesuatu yang urgen, maka kebanyakan dari wanita yang dikarenakan desakan ekonomi yang kuat mendorong mereka untuk menjalani hidup sebagai "wanita malam" File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program