Kajian Teoritis Seni Shalawat Sebagai Metode Dakwah Islam

ABSTRAK

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui secara teoritis pandangan para ahli mengenai peranan seni shalawat sebagai metode dakwah Islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu sebuah metode yang berusaha menganalisis suatu masalah dari teori-teori yang sudah ada dari buku-buku yang ada kaitannya dengan pembahasan, kemudian menuangkannya, menganalisa di dalam sebuah deskripsi.
Teori yang dijadikan model dalam penelitian ini adalah teori yang diajukan oleh Kuntowijoyo yang menyuguhkan makna kesenian Islam dalam sudut pandang kebudayaan (kultural). Kuntowijoyo mengemukakan bahwa kesenian yang merupakan ekspresi dari keislaman itu setidaknya punya tiga karakteristik: (1) dapat berfungsi sebagai ibadah, tazkiyah, dan tasbih, (2) dapat menjadi identitas kelompok, dan (3) dapat berfungsi sebagai syiar. Seni shalawat sesungguhnya telah memiliki ketiga karakteristik tersebut.
Karakteristik kesenian Islam mencerminkan pula karakteristik dakwah Islam. Ia setidaknya memiliki tiga karakteristik: (1) dapat berfungsi sebagai ibadah, tazkiyah, dan tasbih, (2) dapat menjadi identitas kelompok, dan (3) dapat berfungsi sebagai syiar.
Metode-metode dakwah Islam dalam al-Qur'an menekankan perkataan lemah-lembut (qaulan layyina), perkataan yang mudah diterima (qaulan maysura), perkataan mulia (qaulan karima), dan perkataan benar (qaulan sadida).
Seni shalawat memenuhi karakteristik dakwah Islam; pertama, seni shalawat jelas mengandung 'ibadah dan tasbih, karena di dalamnya berisikan ajaran Islam mengenai shalawat terhadap Nabi Saw dan syair-syair yang sarat dengan tasbih terhadap Allah SWT. Kedua, shalawat sesungguhnya mengandung nuansa kesejukan dan cerminan dari sikap keberagamaan seseorang atau suatu kelompok. Dengan sendirinya, seni shalawat memberikan identitas atas kehidupan kaum Muslimin, yang dapat dilihat dan dirasakan oleh orang lain. File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program