Pengembangan Kualitas Sumber Daya Dai oleh Kodama...

BAB I
PENDAHULUAN

A. Penegasan Judul
Skripsi ini berjudul Pengembangan Kualitas Sumber Daya Da’i oleh Korps Dakwah Mahasiswa (KODAMA) di Krapyak Yogyakarta periode 2000-2004 (Tinjauan Sumber Daya Manusia). Untuk menghindari adanya salah penafsiran terhadap judul di atas penulis akan menguraikannya sebagai berikut
1. Pengembangan Kualitas Da’i
Kata pengembangan menurut kamus Bahasa Indonesia kontemporer adalah cara, perbuatan, proses pengembangan. Kualitas berarti baik, buruk (suatu benda) keadaan suatu benda. Da’i adalah mengundang, mengajak manusia kepada agama Allah agar manusia mau beriman dan melaksanakan ajaran-ajaran Allah SWT. Maka yang di maksud pengembangan kualitas da’i dalam pembahasan ini adalah proses jalannya suatu usaha yang dilaksanakan Korps Dakwah Mahasiswa (KODAMA) dalam mengembangkan kualitas sumber daya da’i.

2. Kualitas Da’i
Da'i mempunyai pengertian mengundang, mengajak, mengundang manusia kepada agama Allah agar manusia mau beriman dan melaksanakan ajaran–ajaran Allah SWT. Kualitas da’i yang di maksud penulis adalah kemampuan da'i dalam melaksanakan aktivitas dakwah, meliputi penguasaan wawasan dakwah berupa Latihan Fiqh Dakwah (LAFIDA), Pengajian, Delegasi / Pengutusan, dan Praktikum dakwah. Sedangkan ketrampilan dakwah berupa, Ketrampilan berbicara, Ketrampilan dalam pengggalian dana, dan Keterampilan evaluasi dakwah.
3. Korps Dakwah Mahasiswa (KODAMA)
Korps Dakwah Mahasiswa merupakan sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang keagamaan, khususnya kader da’i dalam melaksanakan dakwah (amar ma’ruf nahi munkar) berlokasi di Dusun Krapyak Desa Panggung Harjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta periode kepengurusan 2000-2004. Yayasan KODAMA didirikan di Yogyakarta pada hari kamis malam jumat 9 Jumadil Ula 1402 bertepatan dengan tanggal 4 Maret 1982 M. Sejak ditandatangani akte yayasan KODAMA Yogyakarta oleh notaris Daliso Rudianto No 17 Tahun 1982, untuk jangka waktu yang tidak di tentukan.

4. Tinjauan Sumber Daya Manusia
Menurut Bank Dunia di kutip oleh Tadjudin Noer Efendi bahwa :

Pengembangan Sumber daya manusia merupakan upaya pengembangan yang menyangkut pengembangan aktivitas dalam bidang pendidikan dan latihan, kesehatan gizi penurunan fertilitas peningkatan kemampuan penelitian dan pengembangan teknologi.

Jadi sub judul yang dimaksud untuk menggambarkan kegiatan KODAMA dalam mengembangkan sumber daya manusia (da'i KODAMA)
Berdasarkan pada penegasan judul di atas dapat disimpulkan maksud dari “Pengembangan Kualitas Sumber Daya da’i yang dilakukan Korps Dakwah Mahasiswa (KODAMA)” yaitu proses jalannya suatu usaha dalam mengembangkan kualitas sumber daya da'i yang di laksanakan oleh Korps Dakwah Mahasiswa (KODAMA) di Krapyak Yogyakarta

File Selengkapnya....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program