Peranan Gaya Kepemimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Pengr...

BAB I
PENDAHULUAN

A. Alasan Pemilihan Judul
Pada era globalisasi dan AFTA yang terjadi di penjuru dunia pada saat ini menyebabkan persaingan di bidang ekonomi semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan meningkatnya persaingan antar perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan harus berusaha untuk mencari dan menemukan terobosan-terobosan baru dengan menggunakan konsep-konsep manajemen yang tepat di dalam mencapai tujuan perusahaan, yaitu menjadi yang terbaik, mendapat keuntungan yang maksimal dan perusahaan semakin berkembang.
Ketika suatu perusahaan mengalami perkembangan, maka sumber daya manusia akan mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting. Dimana karyawan merupakan salah satu alat produktivitas untuk melaksanakan tujuan perusahaan, sebab tanpa adanya karyawan, perusahaan tidak dapat mencapai tujuan dengan baik. Mengingat pentingnya karyawan yang didukung oleh peranan kepemimpinan, dimana harus mampu melihat, mengamati, memahami keadaan atau situasi tempat kerjanya, dalam artian bagaimana para bawahannya, situasi penugasannya dan juga gaya kepemimpinan yang diterapkan untuk mengintegrasikan tujuan perusahaan dengan tujuan individu, sehingga kepemimpinan merup akan salah satu faktor utama. Karena pemimpin merupakan sumber daya kunci dalam organisasi manapun. Pemimpin yang efektif akan menjadi penentu bagi hidup mati dan maju mundurnya sebuah perusahaan atau organisasi. Tanpa kepemimpinan suatu organisasi hanyalah suatu kekacauan manusia dan mesin. Keadan seperti ini menuntut adanya pemimpin perusahaan yang berkualitas dan mampu mengantisipasi perkembangan jaman. Sesuai dengan perkembangan tersebut maka gaya kepemimpinan juga mengalami perubahan-perubahan baik kekuatannya, kepandaian, kekayaan, kejiwaan dan sebagainya.
Faktor lainnya yang tidak dapat dipisahkan dari seorang pemimpin adalah karyawan. Antara pemimpin dan karyawan tidak dapat dipisahkan, karena satu sama lain saling mendukung dan membutuhkan. Di mana karyawan merupakan pelaksana kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
Untuk mencapai tujuan perusahaan gaya kepemimpinan sangat berperan terhadap prestasi kerja karyawan, dimana setiap pemimpin mengharapkan prestasi karyawan yang lebih baik. Karena prestasi kerja karyawan yang tidak efektif akan mengakibatkan perusahaan mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan promosi, demosi, menyesuaikan kompensasi dan mengevaluasi kesalahan-kesalahan desain pekerjaan. Akan tetapi apabila prestasi kerja karyawan berkualitas maka hasil kerja akan menjadi lebih optimal dan mampu membawa perusahaan untuk mencapai sasaran dan tujuan yang telah direncanakan.
Mengingat pentingnya hubungan gaya kepemimpinan dalam proses kerja suatu perusahaan sehingga karyawan mampu meningkatkan prestasi kerja secara lebih baik, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul sebagai berikut :
“PERANAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN PENGRAJIN PERAK TOM’S SILVER DI YOGYAKARTA”.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan penulis bahasa adalah sebagai berikut :
1. Apa gaya kepemimpinan yang diterapkan pada perusahaan TOM’S SILVER.
2. Bagaimanakah peranan kepemimpinan dalam upaya meningkatkan prestasi kerja karyawan pada perusahaan TOM’S SILVER.
3. Bagaimana penilaian prestasi kerja karyawan pada perusahaan TOM’S SILVER.



C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan laporan penelitian ini adalah :
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program