Isolasi Identifikasi Senyawa Sapogenin Dari Teripang Stichopus sp

ABSTRAK
Telah dilakukan uji pendahuluan senyawa kimia golongan saponin, steroid/triterpenoid serta ekstraksi, isolasi dan identifikasi senyawa sapogenin dari teripang (timun laut) Stichopus sp.
Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi dengan menggunakan pelarut etanol 95%, kemudian dihidrolisis dengan asam klorida 2 N, selanjutnya disari dengan pelarut kloroform. Terhadap ekstrak kloroform dilakukan kromatografi lapis tipis untuk memperoleh pemisahan yang paling baik, kemudian dilakukan isolasi dengan menggunakan kromatografi preparatif dengan fase gerak kloroform - toluen (70:30). Terhadap senyawa yang diisolasi dilakukan uji kemurnian dengan kromatografi lapis tipis dua arah. Isolat yang diperoleh diidentifikasi dengan spektrofotometri ultraviolet (UV), spektrofotometri inframerah (IR), spektrometri massa (MS).
Hasil uji pendahuluan senyawa kimia menunjukkan adanya senyawa saponin dan steroid/triterpenoid. Dan hasil isolasi dari ekstrak kloroform diperoleh 4 isolat. Isolat 1 mempunyai harga Rf 0,17, isolat 2 harga Rf 0,35, isolat 3 harga Rf 0,56 dan isolat 4 harga Rf 0,93. Hasil identifikasi isolat 3 secara spektrofotometri ultraviolet diperoleh panjang gelombang maksimum 236 nm dan mempunyai gugus fungsi O-H, C-H alifatis, -CH3-, -CH2- dan C-O. Dan hasil karakteristik spektrometri massa mempunyai BM 388 dan merupakan senyawa kolesterol yaitu Cholestan-3-ol (C27H48O).File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program