Pengaruh Kombinasi Starter Plain Yoghurt Dengan Cairan Tape Pulut Hitam Terhadap Karakteristik Yoghurt Yang Dihasilkan

Abstrak
Yoghurt merupakan minuman hasil fermentasi susu dengan starter campuran yang terdiri dari Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus delbrueckii subspecies Bulgaricus, yang mengandung sedikit laktosa., sehingga baik dikonsumsi bagi penderita lactose intolerance. Banyak konsumen yang tidak menyukai rasa yoghurt yang terlalu asam. Cairan tape pulut hitam mengandung bakteri asam laktat dan aktivitas enzim proteolitik yang mampu menggumpalkan susu sehingga dapat dikombinasikan dengan starter plain yoghurt untuk menghasilkan yoghurt dengan rasa yang lebih disukai karena berasa manis dan tidak terlalu asam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi starter plain yoghurt dengan cairan tape pulut hitam terhadap karakteristik yoghurt yang dihasilkan meliputi pH, Total Asam, Kadar Laktosa dan Cita Rasa. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok dengan 5 perlakuan dan 2 kali pengulangan. pH ditentukan dengan menggunakan pH meter. Total asam ditentukan dengan metode Mann’s acid dengan titrasi menggunakan NaOH 0,1N. Kadar Laktosa ditentukkan menggunakan metode Munson Walker. Nilai organoleptik cita rasa ditentukan melalui penilaian panelis berdasarkan tingkat kesukaan/hedonik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi starter plain yoghurt dan cairan tape pulut hitam memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P < 0,05) terhadap pH, Total Asam, Kadar Laktosa dan Cita Rasa yoghurt yang dihasilkan. Semakin banyak cairan tape pulut hitam yang dikombinasikan maka semakin rendah pH dan kadar laktosa, serta semakin tinggi total asam yoghurt yang dihasilkan. Kombinasi 1,5% v/v starter plain yoghurt dan 5% v/v cairan tape pulut hitam menghasilkan yoghurt yang agak disuka
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program