Pengaruh Konsentrasi Emulsi Lilin Dan Lama Penyimpanan Terhadap Mutu Buah Jeruk Manis

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh konsentrasi emulsi lilin dan lama penyimpanan terhadap kadar vitamin C dan nilai organoleptik (warna, aroma dan rasa) dari buah jeruk manis (Citrus sinensis, Linn.). Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua faktor yaitu: konsentrasi emulsi lilin (K1=0%, K2=3%, K3= 6%, K4=9%) dan lama penyimpanan (L1=0 hari, L2=5 hari, L3=10 hari, L4=15 hari, L5=20 hari).
Penetapan kadar vitamin C dilakukan dengan titrasi menggunakan 2,6-diklorofenol indofenol dan nilai organoleptik (warna, aroma dan rasa) ditentukan dengan uji hedonik menggunakan panelis tak terlatih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi emulsi lilin memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata terhadap kadar vitamin C dan nilai organoleptik (warna, aroma dan rasa). Dimana kadar vitamin C, nilai organoleptik warna dan aroma meningkat dengan meningkatnya konsentrasi emulsi lilin sedangkan nilai organoleptik rasa meningkat sampai dengan K3 dan menurun pada K4. Lama penyimpanan memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata terhadap kadar vitamin C dan nilai organoleptik rasa. Dimana kadar vitamin C dan nilai organoleptik rasa menurun dengan meningkatnya lama penyimpanan
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program