Studi Pemeriksaan Dan Penetapan Kadar Kalsium Dalam Sawi Pahit (Brassica juncea), Sawi Manis (Brassica rapa chinensis) Bili Melinjo (Gnetum Gnemon) Da

ABSTRAK
Masyarakat saat ini semakin menyadari perlunya konsumsi makanan sehari-hari seperti sayur-sayuran yang tidak hanya memenuhi kebutuhan serat tetapi juga mengandung mineral. Kalsium hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit tetapi memiliki peranan yang
Universitas Sumatera Utara
cukup penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan manusia terutama untuk pembentukan tulang.
Maka dilakukan pemeriksaan serta penetapan kadar kalsium yang terdapat dalam sayur-sayuran yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat diantaranya sayur sawi pahit, sawi manis, biji melinjo serta daun kemangi.
Penetapan kadar kalsium yang terdapat dalam sayur-sayuran tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Spektrofotometri Serapan Atom, yaitu diukur pada panjang gelombang 422,45 nm.
Dari hasil analisis diperoleh kadar kalsium pada masing-masing sampel yaitu sawi pahit sebesar 1,16 ± 0,06 mg/100 g, sawi manis sebesar 14,08 ± 0,27 mg/100 g, biji melinjo sebesar 0,25 ± 0,03 mg/100 g, dan daun kemangi sebesar 37,18 ±2,89 mg/100 g.
ABSTRACTFile Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program