Studi Pembuatan Tablet Isoniazid Dengan Penggunaan Corn Starch®(Shin Dong Bang) Sebagai Bahan Pengikat Tablet Secara Granulasi Basah Dan Evaluasi Tabl

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian pemanfaatan pati jagung cornstarch® sebagai bahan pengikat pada pembuatan tablet secara granulasi basah. pati jagung Corn starch® yang digunakan adalah pati jagung yang telah tersedia dipasaran dengan merek dagang Shin Dong Bang. Variasi corn starch yang digunakan sebagai bahan pengikat adalah 7.5%, 8.75%, 10%, 11.25%, 12.5%, dan 13.75%. Dan sebagai pembanding digunakan amilum manihot 11.25 % dan tepung jagung 11.25%.
Uji preformulasi berupa uji waktu alir, sudut diam dan indeks tap dilakukan terhadap massa granul sebelum dicetak menjadi tablet, dimana pada uji preformulasi semua formula memenuhi persayaratan yang ditentukan. Sedangkan evaluasi tablet dilakukan uji kekerasan, waktu hancur, friabilitas, uji daya serap air, penetapan kadar, keseragaman sediaan dan uji disolusi, dimana pada tablet bahan pengikatnya 7.5% dan 8.75% (pati jagung Corn starch®) tidak memenuhi persyaratan pada uji daya serap air, sedangkan bahan pengikat 13.75% (pati jagung corn starch®) tidak memenuhi syarat kekerasan tablet dan waktu hancur, dan bahan pengikat tepung jagung 11.25% tidak memenuhi persyaratan pada uji friabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi pengikat pati jagung corn starch® yang dapat digunakan sebagai bahan pengikat dengan konsentrasi 10-12.5%.
Universitas
File Selengkapnya.....

Teman DiskusiSkripsi.com


 

Free Affiliasi Program